Jurnalis Dan Dunia Saat Ini

Seperti halnya api yang membutuhkan udara
Aku juga terkadang butuh sokongan agar terus menyala, berkibar merdeka, tapi tidak melahap sekitarku
Semua orang tau, tiada makhluk di muka bumi ini yang tidak mampu, seperti halnya seorang rakyat kecil yang memimpin sebuah negara besar. Akan tetapi, apakah ia mampu menghadapi permasalahan mulai dari dirinya sendiri hingga masyarakat?
Jaman sekarang itu jaman pencitraan, segala hal yang berkaitan kepada seseorang yang sebenarnya tidak terlalu baik atau biasa saja, selalu terliput oleh media. Akan tetapi, mereka yangbl tulus dan benar-benar baik, selalu terluput oleh media.
Sebenarnya peran media itu penting sekali. Ya. Mengapa kukatakan seperti itu? Karena segala informasi terangkum menjadi satu dan menjadi informasi yang tersebar di segala pelosok negri. Akan tetapi, tidak semua informasi yang kita peroleh dari suatu media itu benar-benar realita. Kenapa begitu? Karena walau memang realita, berita yang diliput terkadang objektif dan lebay atau bisa dikatakan terlalu dilebih-lebihkan.
Kini, banyak sekali reporter berita yang menulis beritanya tidak subjektif sehingga tulisan yang dimuat terkadang cenderung memihak terhadap kelompok tertentu.
Dalam sebuah pidato salah seorang tokoh di NTB, beliau mengatakan bahwa media di Mesir itu ketika jaman presiden Mohammad Mursi, ada sebuah koran atau surat kabar yang berisi berbagai berita. Tetapi, kebanyakan dari berita tersebit itu objektif dan terlalu dilebihkan sehingga menjadi berita yang tak layak baca. Dari banyaknya halaman dan berita yang terangkum, ada salah satu halaman yang memang benar-benar berita real tanpa memihak salah satu kelompok di sana dan juga tidak dilebih-lebihkan seperti berita yang lain. Yaitu halaman 10 yang isi tulisannya dapat dipercaya.
Itu jaman presidan Moh. Mursi. Beda lagi dengan ketika kepemimpinan rezim saat ini. Kini, hampir 100% media di Mesir sudah tidak dapat dipercaya, karena pemerintahan dan media sudah dikuasai oleh rezim Mesir saat ini.
Jadi, kesimpulan dari tulisan opini saya yang mungkin masih semrawut ini, jadilah seorang jurnalis yang jujur, tidak mengedepankan ego dan jangan takut. Karena dunia para jurnalis saat ini telah terintimidasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QUARTER CRISIS LIFE

KABAR DARI RUMAH DOA

Gerimis Senja Di Malioboro